Monday 8 April 2013

Apa Itu Bisnis Online

Buat saya Bisnis itu sendiri memiliki arti sebagai kegiatan yang kita lakukan untuk menghasilkan uang sedangkan Online adalah sebagai medianya seperti Internet jadi Bisnis Online menurut saya adalah suatu kegiatan yang kita lakukan untuk menghasilkan uang dengan menggunakan media Internet sebagai  tempat kita bertransaksi.
Di dunia Offline kita mengenal yang namanya pasar menurut saya Internet bisa di artikan sebagai pasarnya dunia Online, tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli, sampai disini sahabat sudah sedikit lebih tahukan  apa itu Bisnis Online, oke lanjut
Jika ada penjual dan pembeli berarti ada sesuatu yang dijual, memang apa sih yang bisa kita jual dibisnis online ini? Bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline, meneurut saya Bisnis online itu dibagi menjadi 3 jenis yaitu
  1. Online to Online : maksudnya adalah bisnis online yang dijalankan secara onlinen pula seperti  jualan Ebook, jualan hosting dan domain, SEO service, Web design dan lain lain.
  2. Online to Offline : maksudnya bisnis online yang dijalankan secara offline seperti pelatihan SEO, seminar seminar tentang Bisnis Online, kursus Web Design dan masih banyak lagi.
  3.  Offline to Online : maksudnya bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tetapi dipromosikan melalui media online seperti took took online yang menjual barang fisik contonya took kaos online, sepatu online, tas online dan lain lain
Seperti halnya bisnis Offline Bisnis Online juga membutuhkan yang namanya tempat atau lapak seperti yang diterangkan oleh sahabat saya di yosbeda.com secara garis besar Bisnis Online itu ada 2 macam. Ada Bisnis Online yang megharuskan kita memiliki sebuah website/blog dan ada Bisnis Online yang tidak mengharuskan kita memiliki Web/Blog.
Dan dari situ saya ambil kesimpulan bahwa Website atau Blog adalah sebagai tempat kita untuk menaruh atau meletakan barang yang akan kita jual. Apa itu website/blog dan bagaimana cara membuatnya akan saya jelaskan secara terpisah.

Dan masih menurut sahabat saya di cafebisnis.com Bisnis Online itu kalau dibagi berdasarkan para pelakunya ada 3 jenis, yaitu :
·         Owner : adalah sang pemilik produk atau jasa
·         Marketer : adalah para ahli pemasar produk yang tidak memliki produk sendiri
·         Publisher : adalah para pemilik Website/blog yang menyediakan ruang untuk promosi produk tersebut

Jika ada pertanyaan, Jadi Bisnis Online yang seperti apa yang cocok buat saya? Sahabat sendirila  yang harus menjawab pertanyaaan tersebut. Karena hanya diri kita masing masing yang tahu  kelebihan,kemampuan serta kekurangan dari kita. Dan dengan itu kita bisa memposisikan dimana kita harus berada. Owner kah, Marketer atau Publisher. Pada halaman berikutnya saya akan berikan tips bagaimana cara memilih Bisnis Online.

No comments:

Post a Comment